AQIQAHKAMBING.COM

Langkah Mudah Memilih Kambing Aqiqah yang Baik

Saat seorang anak lahir tentu menjadi kebahagiaan terbesar bagi kedua orangtuanya, juga bagi keluarga besar. Dalam ajaran Islam, saat anak lahir maka disunahkan untuk melaksanakan ibadah aqiqah. Diadakannya acara aqiqah ini sebagai bentuk rasa bahagia dan syukur kepada Allah SWT. Biasanya acara ini dilaksanakan dengan menyembelih hewan ternak seperti kambing atau domba. Dimana nantinya daging kambing atau domba tersebut diolah terlebih dulu sebelum dibagikan kepada tetangga atau kerabat. Secara bahasa, aqiqah artinya memotong, berasal dari bahasa Arab al-qat’u. Ada definisi lain yang mengartikan bahwa aqiqah adalah nama rambut bayi baru dilahirkan. Menurut istilah, aqiqah merupakan proses penyembelihan hewan ternak di hari ke tujuh setelah dilahirkan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT.

Tips Memilih Kambing Aqiqah yang Sehat & Baik

Pelaksanaan akikah biasanya dilaksanakan pada hari ke-7, 14, atau 21 setelah seorang anak dilahirkan. Untuk aqiqah anak laki-laki diharuskan untuk memotong dua ekor kambing. Sedangkan aqiqah anak perempuan bisa satu ekor kambing saja. Jenis kelamin kambing atau domba yang dipakai bisa jantan atau betina. Tergantung kemampuan orang tua ingin aqiqah menggunakan kambing jantan atau betina. Namun kambing jantan untuk aqiqah lebih utama dibandingkan betina. Sebelum menyembelih kambing atau domba untuk aqiqah. Pastinya ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan. Diantaranya adalah memilih kambing atau domba yang sehat.

Jika Anda merasa kesulitan untuk memilih kambing aqiqah yang sehat dan baik seperti apa. Berikut ini ada beberapa cara untuk mendapatkannya.

  1. Memeriksa Postur Tubuh Kambing

Perlu diketahui dengan baik terlebih dahulu bahwa postur kambing sendiri bisa menggambarkan kesehatan dari kambing itu sendiri. Kambing yang sehat tentunya memiliki ciri-ciri sebagai berikut. Diantaranya adalah tubuh kuat, dada lebar, pinggang lurus, kaki cenderung kokoh & kuat, berukuran besar & panjang, juga tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus. Untuk orang yang belum berpengalaman, tentunya akan merasa kesulitan untuk mengenali ciri-ciri kambing yang sehat ini. Oleh sebab itulah, jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual atau mengajak orang yang berpengalaman dalam membeli kambing. Kambing sehat sebenarnya tidak harus gemuk, jadi jangan menjadikan standar kambing gemuk adalah yang sehat.

  1. Periksa Mata Kambing

Dari segi mata kambing pun harus diperhatikan dengan baik juga. Untuk mengeceknya bisa memperhatikan ketika kambing sedang berjalan atau arahkan kambing supaya bergerak. Apabila mata kambing bisa fokus dan melihat secara jelas, yang artinya tidak menabrak apapun ketika berjalan. Bisa dipastikan bahwa kambing tersebut memiliki kondisi yang baik. Sebab pandangan mata yang baik pastinya bisa dilihat ketika berjalan dengan baik pula. Jika Anda menemukan kambing yang warna matanya merah, ada baiknya dihindari. Sebab mata merah ini bisa menjadi tanda jika hewan tersebut sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja. Selain itu jika memakan kambing yang tidak sehat, tentu tidak baik tubuh. Jadi kambing yang sakit tidak baik untuk dijadikan kambing aqiqah.

  1. Memeriksa Gigi dan Kuku

Kemudian Anda juga bisa memeriksa bagian lain untuk mengetahui apakah kambing tersebut benar-benar dalam keadaan sehat atau tidak. Yakni dengan memperhatikan bagian gigi utama. Rahang gigi kambing haruslah kuat supaya bisa mengunyah makanan dengan baik pula. Selain itu juga Anda harus memperhatikan dengan baik bagian kuku kambing. Kuku kambing yang bersih menandakan bahwa kambing tersebut dirawat dengan baik pula. Misalnya dimandikan setidaknya satu minggu satu kali. Tidak hanya itu saja, kuku kambing yang bersih pun menandakan bahwa kambing terbebas dari cacing. Perlu diketahui dengan baik bahwa cacing dapat berkembang pada kambing. Apabila mengonsumsi daging kambing yang terjangkit cacing tentunya akan berbahaya bagi tubuh.

  1. Melihat Ukuran Dagingnya

Pastinya pembeli kambing menginginkan ketika disembelih bisa menghasilkan banyak daging. Nah ada salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kambing bisa menghasilkan daging dalam jumlah banyak atau sedikit. Yakni bisa melihat dari bagian punggung atau paha kambing yang akan dipilih. Kambing dengan punggung yang besar menandakan jika kambing tersebut mempunyai banyak daging. Daging yang banyak tentunya akan membuat banyak orang mendapatkan bagian dalam jumlah cukup tentunya. Untuk kambing yang sudah cukup umur biasanya memiliki berat ideal antara 30 – 40 kg. Apabila lebih, maka jadi lebih baik pastinya. Apabila berat kambing ternyata kurang, bisa jadi kambing tersebut belum cukup umur.

  1. Membeli Kambing yang Masih Hidup

Ada baiknya jika membeli kambing aqiqah yang masih hidup. Ini dimaksudkan agar daging kambing tersebut tetap terjamin segar dan riwayat kesehatannya pun jelas. Apabila Anda memesan paket aqiqah online, sebaiknya meminta dokumentasi penyembelihan, baik foto atau video. Jika memungkinkan, ada baiknya jika ke lokasi rumah akikah untuk memilih kambing atau melihat bagaimana proses penyembelihan. Hal tersebut akan membuat Anda menjadi lebih aman saat bekerja sama dengan jasa akikah tersebut. Sebenarnya tidak ada aturan membeli kambing hidup. Akan tetapi demi menjamin kambing sehat, memang disarankan untuk membeli kambing hidup. Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa memastikan jika kambing tersebut nantinya disembelih sesuai syariat.

  1. Jangan Membeli yang Sudah Dipotong

Apabila membeli daging kambing potong tentunya memiliki risiko cukup besar. Ini karena pembeli tidak melihat langsung bagaimana kondisi kambing itu sendiri. Sebab pembeli tidak tahu apakah disembelih sesuai syariat yang benar atau tidak. Jika kambing disembelih tidak menyebut nama Allah, membuat kambing tersebut tidak halal untuk dikonsumsi. Terlebih lagi aqiqah merupakan ibadah menyembelih kambing. Artinya secara halus disyariatkan untuk menyembelih kambing hidup sendiri. Namun jika memiliki kesibukan bisa bekerja sama dengan rumah-rumah aqiqah yang sudah banyak berdiri.

  1. Jangan Gampang Tertipu Harga

Sebaiknya Anda jangan terpaku pada harga mahal bisa mendapatkan kambing terbaik untuk ibadah aqiqah. Ada baiknya jika memilih kambing sesuai dengan anggaran yang sudah disediakan sejak awal. Untuk mendapatkan kambing sesuai anggaran adalah dengan mencari informasi dari berbagai sumber terlebih dahulu. Bisa meminta bantuan teman atau kerabat yang sudah pernah membeli kambing sebelumnya. Tetapi Anda juga bisa memanfaatkan media internet untuk mendapatkan informasi kambing akikah. Di media internet biasanya Anda akan menemukan banyak penjual kambing, baiknya cari yang lokasinya dekat dan mudah dijangkau. Lalu bandingkan harganya terlebih dahulu. Umumnya antara kambing betina dan kambing jantan memiliki selisih harga, namun tidak begitu jauh selisihnya. Yang paling penting adalah pastikan memilih penjual kambing yang benar-benar berpengalaman dan tepercaya supaya bisa mendapatkan kambing terbaik.

Nah itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin memilih kambing aqiqah yang baik dan benar. Jangan sampai Anda salah memilih kambing aqiqah dan berakhir dengan kekecewaan. Memilih kambing yang sehat dan banyak dagingnya memang sangat penting.